Masih punya pertanyaan? Hubungi tim kami
Farmacare adalah sistem online untuk kasir dan inventori, dirancang khusus untuk Apotek dan Toko Obat. Aplikasi kami memudahkan pemilik Apotek untuk memantau bisnisnya dari mana saja dan kapan saja, dengan mudah dari HP.
Aplikasi Farmacare sangat cocok untuk digunakan oleh Apotek / Toko Obat independen maupun jejaring dengan skala kecil dan sedang, yang melayani penjualan umum dan resep.
Pencatatan penjualan, pembelian, dan stok di Farmacare dilakukan secara online, sehingga data selalu terupdate secara real time. Kamu bisa memantau performa bisnismu setiap saat dari mana saja, tanpa harus selalu standby di apotek.
Kamu bisa mencoba Farmacare secara gratis dengan klik button “Coba Gratis” yang ada pada website Farmacare.id. Setelah itu, tim kami akan menghubungimu untuk verifikasi dan mengaktivasi akun apotekmu.
Biaya berlangganan sudah termasuk maintenance dan support. Kami tidak menyediakan opsi untuk beli putus, karena aplikasi kami terus menambahkan fitur pengembangan ke depannya.
Tidak ada batasan jumlah user yang bisa menggunakan dari 1 apotek. Biaya berlangganan adalah per apotek, bukan per user. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir menambahkan user. Pastikan setiap pemilik dan karyawan memiliki akun masing-masing sehingga kamu bisa menelusuri semua aktivitas yang terjadi di apotek dengan lebih mudah.
Kamu bisa mengakses farmacare menggunakan:
Tidak. Sistem Farmacare menggunakan teknologi web app, yang bisa diakses melalui browser, dan kemudian bisa diinstall langsung ke HP / ditambahkan ke layar utama agar bisa diakses lebih cepat layaknya aplikasi. Lihat cara install di Tutorial.
Semua printer struk tipe thermal dan Ecpos yang sudah terinstall drivernya, seperti printer dengan merk Panda, EPPOS, Epson.
Koneksi dengan cash drawer memungkinan, namun karena aplikasi Farmacare tidak dikembangkan secara khusus dengan cash drawer, kami tidak bisa menjamin kelancaran penggunaan.
Ya, apabila printer struk memiliki fitur Bluetooth. Untuk print dari HP, lakukan pairing antara HP dan printer menggunakan Bluetooth. Biasanya pairing hanya bisa dilakukan dari 1 printer ke 1 HP. Apabila ingin menggunakan HP berbeda, disconnect dulu pairing dengan HP sebelumnya.
Buka browser Chrome dan ketik app.farmacare.id di browser.
Login menggunakan email dan password yang dibuat saat mendaftar di Farmacare.
Kamu bisa mengikuti step by step cara setup awal untuk mulai menggunakan Farmacare yang tersedia di halaman Tutorial.
Setelah menambahkan Apotek, tim kami akan melakukan verifikasi terhadap apotekmu dalam waktu maksimal 2 hari kerja, dan setelah itu apotekmu akan diaktivasi untuk bisa mulai digunakan. Apabila tidak menerima verifikasi, hubungi sales@farmacare.id
Di halaman Login, pencet "Lupa password?". Masukkan email terdaftar, dan setelah itu kamu akan menerima email dari Farmacare untuk membuat password baru.
Terkadang email undangan masuk ke dalam menu Promotion / Promosi / Spam. Minta anggota tim untuk mengecek folder tersebut. Buka email, dan terima undangan dalam waktu 24 jam.
Kamu bisa masuk ke menu Pengaturan > Anggota tim. Pilih nama anggota tim tersebut dan hapus aksesnya. Lalu, undang kembali dengan memasukkan emailnya. Anggota tim akan menerima email undangan baru yang berlaku 24 jam.
File CSV adalah format lain dari file Excel. Untuk menambahkan data barang, download template file CSV dan isi menggunakan MS Excel atau Google Sheet. Setelah itu, simpan kembali file dengan menggunakan format CSV (comma delimited) untuk diupload lagi.
Ya. Kami memiliki Katalog barang Farmacare yang berisi lebih dari 80.000 barang dari BPOM, lengkap dengan jenjang kemasan, komposisi, produsen, nomor registrasi, dan tanggal izin edar. Kamu bisa menggunakan secara langsung sehingga tidak perlu repot mengisi ribuan data barang secara manual.
Di menu kasir, lalu pilih riwayat kasir. Setelah itu pilih periode shift (hari ini atau rentang waktu lainnya) dan pilih nama pegawai di shift tersebut. Total transaksi yang muncul akan terfilter sesuai filter yang dipilih.
Saat pergantian shift, pegawai bisa logout dari sistem dan pegawai shift selanjutnya bisa login menggunakan akunnya masing-masing.
Buka tab baru dan masuk ke menu Kasir. Dengan demikian, kamu bisa melayani beberapa transaksi kasir pada saat bersamaan, walaupun sambil input faktur.
Ya, kamu bisa memilih untuk melakukan penjualan dengan harga jual normal kepada pelanggan umum, ataupun dengan patokan harga pokok + markup ke customer kerja sama.
Kamu bisa mencatat penjualan dengan metode pembayaran tunai dan transfer. Untuk menambahkan metode pembayaran, masuk ke menu Pengaturan > Metode Pembayaran.
Untuk melihat rekapan penjualan berdasarkan metode pembayaran, masuk ke menu Laporan Pendapatan > Pilih filter Bayar.
Metode pembayaran lainnya akan segera ditambahkan ke dalam aplikasi.
Tidak ada batas waktu untuk melihat riwayat transaksi penjualan. Di menu Riwayat Kasir, kamu bisa cari transaksi dengan memasukkan nomor transaksi atau nama barang. Atau, kamu bisa memasukkan tanggal periode tertentu untuk melihat transaksi penjualan pada waktu tersebut.
Kamu bisa melakukan edit faktur dengan masuk ke menu Pembelian > Faktur Pembelian. Cari faktur yang mau diedit. Di dalam halaman faktur, pencet tombol Edit Faktur, dan setelah diedit, jangan lupa disimpan.
Kemungkinan ada informasi yang belum terisi, misal Nama PBF, nomor faktur, tanggal faktur, tanggal terima atau data barang. Cek untuk memastikan data-data ini terisi, agar bisa menyimpan faktur.
Seharusnya barang dengan batch yang sama memiliki ED yang sama. Apabila kamu mendapatkan notifikasi ini, berarti barang dengan batch yang sama sudah pernah tercatat pada faktur sebelumnya namun informasi ED nya berbeda.
Untuk mengatasi hal ini, cek bahwa batch dan ED sudah benar. Apabila kesalahan terjadi pada faktur sebelumnya, lakukan Edit Faktur pada barang tersebut dan catat ED yang benar. Lalu kembali ke faktur ini dan lanjutkan Simpan.
Apabila ada barang yang sudah dilakukan Stok Opnam atau Update Stok, maka barang yang ada di dalam faktur dengan tanggal sebelum SO / Update Stok akan dikunci dan tidak bisa diedit di dalam faktur.
Sistem kami menganggap data SO / Update Stok sebagai data stok terkini, sehingga apabila barang ini diedit lagi di faktur, maka bisa mengacaukan data stok yang ada.
Ya. Buka menu Barang > Stok, lalu cari barang yang ingin dilihat. Di dalam halaman barang tersebut, di paling bawah ada Riwayat Stok, dimana tercatat semua informasi stok keluar, masuk, dan penyesuaian dari stok opnam.
Ya, apabila kamu mencatat informasi ED saat mencatat faktur pembelian.
Buka menu Barang > Batch & ED, lalu akan ditampilkan item-item yang akan ED dalam 0-12 bulan dan item-item yang sudah kadaluarsa.
Selain itu, kamu juga bisa filter berdasarkan PBF/Suplier asal, sehingga lebih memudahkan Anda ketika ingin melakukan retur barang ke PBF/Suplier asal.
Ya. Buka menu Barang > Stok. Di bagian atas akan muncul nilai perkiraan stok yang kamu miliki. Nilai ini dihitung dari harga pokok barang dikali jumlah stok, dan dijumlahkan untuk semua barang.
Nilai perkiraan akurat selama data yang yang dicatat juga akurat. Perkiraan nilai stok mungkin tidak akurat apabila:
Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan fitur Penjualan Markup. Buka menu Kasir. Ganti harga jual menjadi Markup Spesifik, yaitu % markup dari harga pokok (tergantung kebijakan apotek).
Dengan demikian, stok barang ini berkurang dan apotek cabang bisa melakukan pembayaran ke apotek pusat berdasarkan harga pokok.
Ya. Semua penerimaan barang harus dicatat terlebih dahulu sebelum barang-barang ini dimasukkan ke rak.
Ini penting untuk menghindari adanya perhitungan ganda dari input faktur dan SO.
Tidak, karena akan menimbulkan kerancuan pada data stok.
Semua yang ikut Stok Opname harus pencet Selesai, dan setelah melihat laporan SO, pemilik harus memencet tombol Sesuaikan.
Setelah stok yang baru disesuaikan, baru kamu bisa melakukan Update Stok di luar Stok Opnam.
Kamu bisa menambahkan satuan jual yang lebih besar, dengan cara:
Apabila kamu mau menambahkan satuan yang lebih kecil:
Untuk mengurangi stok yang telah kamu kembalikan ke distributor/PBF, kamu bisa melakukan update stok. Caranya :
Kamu dapat mengedit nomor batch dan ED yang tidak sesuai dengan cara :
Tidak. Stok minimum dihitung otomatis oleh sistem berdasarkan pola pembelian pasien menggunakan perhitungan statistik.
Ya, bisa. Untuk menghapus stok opname, kamu bisa mengikut langkah berikut :
Tanda seru pada stok berarti :
Ya, bisa. Stok opname di Farmacare bisa dilakukan dengan multi user. Caranya semua anggota tim di apotek kamu undang untuk mengakses akun apotek, kemudian setelah semua bergabung kamu bisa klik Mulai pada halaman stok opname dan anggota tim kamu bisa klik Ikut memeriksa.
Ya. Sistem kami tetap mencatat semua transaksi yang terjadi selama berlangsungnya SO, jadi kamu tidak perlu tutup apotek untuk melakukan SO.
Pada saat SO selesai, semua transaksi penjualan akan dimasukkan sebagai penyesuaian terhadap stok, dan tersimpan secara otomatis saat pemilik melakukan konfirmasi Sesuaikan Stok.
Untuk barang yang telah diperiksa kemudian terjual, maka sistem akan mencatat riwayat transaksi dan akan mengurangi dari jumlah yang kamu hitung pada saat stok opname. Dengan catatan, semua transaksi yang dilakukan diinput di aplikasi Farmacare.
Apabila terdapat selisih perhitungan pada hasil stok opname, kamu bisa menghitung kembali barang yang selisih kemudian edit sesuai dengan perhitungan stok fisik. Apabila masih ada selisih setelah dikoreksi, berarti ada penjualan / pembelian yang tidak tercatat selama periode sejak SO terakhir
Hasil SO tidak bisa disesuaikan apabila ada stok yang hasil akhirnya minus, karena stok fisik tidak mungkin minus. Hitung kembali barang yang selisih, lalu edit sesuai perhitungan fisik.
Secara default, hanya pemilik yang bisa melakukan perubahan terhadap harga, kecuali:
Buka menu Barang > Stok, dan cari nama barang yang harganya mau diganti. Di dalam halaman barang, di sebelah kanan atas, tekan tombol Update Harga. Di sini, kamu bisa melakukan update harga jual dengan memasukan nilai nominal rupiah maupun margin % dari harga pokok.
Harga pokok dihitung secara otomatis dari harga beli yang tercatat saat input faktur pembelian. Namun, apabila sangat diperlukan, kamu bisa melakukan update harga pokok manual dengan cara buka menu Barang > Stok, dan cari nama barang yang harganya mau diganti. Di dalam halaman barang, di sebelah kanan atas, tekan tombol Update Harga dan kamu bisa memasukkan harga beli yang diinginkan.
Sistem menghitung harga pokok dengan menggunakan harga pokok riil dari stok yang ada, dan informasi ini dipakai sebagai data Harga Pokok Penjualan (HPP atau COGS) di dalam perhitungan laba rugi.
Sebagai simulasi:
Ya. Harga pokok sudah menghitung diskon yang didapat dari PBF dan juga PPN, sesuai data yang dicatat pada saat input faktur pembelian.
Setiap kali ada perubahan harga pokok (di atas Rp100), akan ada notifikasi di Beranda agar kamu bisa mengecek perubahan tersebut, dan melakukan perubahan harga jual apabila diperlukan.
Kamu bisa melihat barang-barang dengan margin <10% (kemungkinan harga jual kemurahan) ataupun margin >35% (kemungkinan harga jual ketinggian) melalui Laporan yang kami siapkan. Dengan demikian, kamu bisa fokus untuk melakukan review terhadap barang-barang ini saja, daripada harus melihat ribuan barang satu-persatu.
Untuk saat ini, kami menghitung harga jual satuan yang lebih besar berdasarkan harga jual satuan terkecil. Misal Barang A harga jual Rp1.000 /strip, maka Barang A dengan satuan box (isi 10 strip), menjadi Rp 10.000/box. Kamu juga bisa menambahkan diskon apabila mau menjual barang dengan satuan besar lebih murah.
Di Laporan Pendapatan, kamu bisa melihat:
Di Laporan Laba/Rugi Kotor Barang, kamu bisa melihat:
Laporan-laporan ini diupdate secara otomatis dan real time. Setiap ada transaksi, data transaksi akan langsung dicatat dan kamu bisa langsung melihatnya pada saat itu juga.
Di bagian atas laporan, kamu bisa memilih periode bulan yang ingin dilihat, untuk bisa membandingkan performance antar bulan.
Klik tombol like di samping jika FAQ ini membantumu