TUTORIAL

Yuk, mulai gunakan Farmacare

Ini adalah panduan untuk mulai menggunakan sistem Farmacare. 
Apabila kamu mengalami kendala, hubungi
support@farmacare.id.


Buat Akun 

  • Buka app.farmacare.id menggunakan browser Chrome
  • Kalau ini pertama kalinya kamu menggunakan Farmacare, tekan Buat akun
  • Masukkan Nama lengkap, Nomor HP, Email, dan Buat Password. Tekan Daftar
  • Cek email kamu, dan tekan Verifikasi akun 
  • Kembali ke halaman login, dan masukkan lagi Email dan Password yang dibuat, kemudian tekan Masuk

Install Aplikasi

  • Buka app.farmacare.id menggunakan browser Chrome
  • Apabila menggunakan HP Android: tekan tombol titik tiga di sebelah kanan atas, lalu pilih Install App
  • Apabila menggunakan HP iPhone: tekan menu di bagian bawah, lalu pilih Add to Home Screen

Buat Apotek

  • Login ke akunmu, lalu tekan tombol +Apotek 
  • Ketik nama apotekmu, lalu tekan Buka Apotek
  • Klik oke dan tunggu proses aktivasi oleh tim farmacare
  • Apabila sudah mendapat informasi bahwa apotek sudah diaktivasi, refresh halaman ini dan kamu bisa masuk ke apotekmu

Undang Pegawai

  • Buka menu di sebelah kiri atas
  • Pilih menu Pengaturan
  • Pilih Anggota Tim
  • Tekan tombol Undang
  • Masukkan email pegawai / pemilik lain yang mau ditambahkan 

Mengatur metode pembayaran kasir

  • Buka menu Pengaturan
  • Pilih Metode pembayaran kasir
  • Jika anda menerima pembayaran transfer, nyalakan tanda checklist pada pilihan transfer bank
  • Masukkan informasi rekening bank, kemudian tekan tombol simpan

Hubungkan Printer Struk

Farmacare bekerja dengan baik dengan Printer Panda PRJ-CX80B, oleh karena itu kami menyarankan anda untuk menggunakan printer tersebut. Jika menggunakan printer lain, hubungi support@farmacare.id untuk mendapatkan bantuan pemasangan.

  • Sambungkan kabel printer
  • Download driver printer disini
  • Buka file driver dan ikuti proses instalasi
  • Pada window Install Configuration, pilih "POS-80", kemudian klik "Install now"
  • Saat pertama kali mencetak, atur tujuan printer ke POS-80, dan ukuran kertas "80(72.1)x210 mm"

Upload Data Barang

Kami memiliki database barang yang sering dijual di apotek (3300+ barang) yang siap kamu gunakan. Hubungi support@farmacare.id agar tim kami bisa membantu kamu menyiapkan data barang.

Tips: menambahkan barang banyak sekaligus lebih mudah dilakukan melalui desktop / laptop. 

  • Buka menu Barang > Katalog, lalu pilih menu Impor di sebelah kanan atas 
  • Tekan tombol Download CSV untuk mengunduh template
  • Buka file download.csv menggunakan Microsoft Excel atau di Google Sheet
  • Masukkan data Nama Barang, Kemasan Jual (harus diisi) dan juga Harga jual, Komposisi, Stok, Harga beli, Batch, dan ED (opsional)
  • Tekan tombol Pilih dokumen untuk mengunggah file .csv yang sudah kamu isi

Catat Penjualan dengan Harga Jual Normal

  • Pilih menu Kasir
  • Tekan tombol +Penjualan. Lalu pilih keranjang untuk mencatat 
  • Tekan +Barang untuk menambahkan barang
  • Ketik untuk mencari nama barang
  • Apabila barang belum ada harganya, masukkan harga jual 
  • Tambahkan jumlah barang yang dibeli
  • Apabila semua barang sudah dimasukkan, tekan Bayar
  • Pilih metode pembayaran, Anda dapat memilih tunai atau transfer
  • Jika memilih tunai, pilih jumlah pembulatan harga jual, lalu masukkan jumlah uang yang diberikan customer
  • Masukkan uang yang diterima, tekan Selesai
  • Jika memilih transfer, pilih bank penerima, masukkan keterangan (opsional), dan upload bukti pembayaran lalu tekan simpan
  • Jika transaksi sudah selesai, kamu dapat melakukan print struk atau selesaikan tanpa struk

Catat Penjualan dengan Harga Pokok + Margin

Tips: Gunakan fitur ini apabila kamu melakukan penjualan ke apotek cabang atau rekanan, dimana kamu memiliki kebijakan bahwa harga yang digunakan menggunakan harga pokok + margin tertentu.

  • Pilih menu Kasir
  • Tekan tombol +Penjualan. Lalu pilih keranjang untuk mencatat 
  • Tekan Tipe harga dan pilih Harga pokok + margin. Masukkan margin sesuai kebijakan.
  • Masukkan Barang seperti biasa. Harga yang tertera sudah otomatis disesuaikan dengan setting harga pokok + margin yang ditentukan.
  • Apabila semua barang sudah dimasukkan, lanjut untuk Bayar

Lihat Riwayat Penjualan

  • Buka menu, ada 2 cara: pilih Riwayat Penjualan atau Laporan > Riwayat penjualan
  • Kamu dapat melakukan pencarian barang di kolom pencarian
  • atau melakukan filter periode waktu tertentu
  • Masuk ke salah satu transaksi untuk melihat detail. Pilih cetak struk untuk mencetak kembali struk. 

Retur Penjualan

  • Pilih menu Riwayat Penjualan
  • Cari transaksi yang ingin di retur, dan masuk ke dalam transaksi tersebut untuk melihat detail.
  • Tekan tombol Retur
  • Masukkan alasan retur, lalu tekan tombol Retur
  • Transaksi ini akan tercatat sebagai retur, dimana jumlah stok di dalam transaksi ini dikembalikan dan nilai Rp atas penjualan hari ini dikurangi sejumlah transaksi yang diretur.

Lihat omzet

  • Buka Menu, pilih menu Beranda. Omzet akan muncul di halaman ini
  • Pilih periode untuk melihat omzet waktu tertentu
  • Pilih pegawai untuk melihat omzet oleh pegawai tertentu
  • Pilih Cetak untuk mencetak data penjualan

Melihat laporan per metode pembayaran

  • Buka menu Laporan > Metode Pembayaran
  • Pilih Metode pembayaran: tunai/transfer
  • Kamu dapat memfilter laporan berdasarkan periode tertentu
  • Pilih tunai untuk melihat laporan penjualan tunai
  • Pilih transfer untuk melihat laporan penjualan transfer
  • Pilih salah satu transaksi yang muncul untuk melihat detail transaksi

Catat Faktur Pembelian

  • Di Menu, pilih Pembelian > Faktur Pembelian
  • Tekan tombol +Faktur 
  • Pilih PBF dari daftar PBF
  • Masukkan data faktur. Pilih apakah faktur sudah termasuk PPN atau belum
  • Ketik untuk mencari nama barang 
  • Masukkan jumlah, informasi batch dan ED (opsional)
  • Masukkan harga beli / satuan. Cek harga total, lalu Simpan
  • Cek harga jual, rubah harga jual apabila perlu (misal apabila ada kenaikan harga dari PBF)
  • Apabila semua barang sudah dicatat, cek jumlah total semua, lalu Simpan.

Lihat Riwayat Pembelian

  • Buka menu, pilih Pembelian > Faktur Pembelian
  • Ketik nama PBF atau barang yang mau dicari, atau ketik nama obat yang dicari
  • Masuk ke salah satu faktur untuk melihat detail pembelian.

Stok Opname

  • Buka Menu, pilih menu Barang > Stok Opname 
  • Tekan Mulai. Catatan: SO bisa dilakukan oleh beberapa orang secara bersamaan.
  • Cari nama barang yang sedang dicek. Pilih nama barang tersebut
  • Catat jumlah yang dihitung di lemari sesuai dengan kemasan yang ada, lalu Simpan
  • Lanjutkan dengan mencari nama barang selanjutkan, dan ulangi proses ini sampai semua barang selesai dicek
  • Apabila sudah selesai, pencet tombol Selesai
  • Apabila semua tim yang melakukan stok opname sudah memencet tombol Selesai, akan muncul status bahwa Stok opname sudah selesai dan menunggu konfirmasi
  • Apabila kamu adalah Pemilik, pencet Lihat Laporan
  • Setelah melihat laporan, kamu bisa melakukan penyesuaian stok dengan memencet tombol Sesuaikan
    Catatan: Selama penyesuaian, sistem akan dikunci dan tidak bisa digunakan. Pastikan kamu melakukan ini saat apotek tutup atau apotek tidak ramai.

Update stok

Catatan: Update Stok hanya bisa dilakukan oleh user yang tercatat sebagai Pemilik.

  • Buka Menu, pilih menu Barang > Stok 
  • Pilih nama barang yang ingin diubah data stoknya atau cari di cari barang
  • Tekan tombol Update Stok
  • Akan muncul pop up, pencet Oke
  • Untuk mengganti jumlah stok di batch yang sudah ada, pilih batch dan masukkan jumlah stok yang mau diupdate. Kemudian tekan Simpan.
  • Untuk mencatat batch baru, tekan tombol +batch, lalu tekan tombol buat batch. Masukkan nomor batch, tanggal ED, jumlah stok, dan satuan kemasan. Kemudian tekan Simpan
  • Pastikan data yang dimasukkan sudah benar, kemudian tekan Update stok.
  • Untuk mempermudah pelacakan, berikan alasan perubahan stok. kemudian tekan Simpan.